Apa yang ingin saya bagikan di sini adalah semata-mata ingin berbagi dan tidak bertujuan agar diikuti oleh siapapun. Saya menyadari bahwa artikel ini bisa saja menimbulkan pertentangan antara para "pemula" seperti saya dengan para "jutawan" Adsense. Namun sekali lagi saya tekankan, bahwa apa yang ingin saya sampaikan di sini sama sekali bukan membenarkan ataupun mempersalahkan sesuatu, hanya sekedar membuka mata dan syukur-syukur tujuan saya yang utama tercapai yakni mencari perhatian dari pihak Google Adsense agar mau melirik kami para blogger yang "ga mampu" membuat blog berbahasa Inggris yang sempurna.
Setahun bahkan dua tahun terakhir, gairah para insan bisnis online di Indonesia untuk mendapatkan penghasilan dari Google Adsense sangatlah meningkat. Walau beberapa waktu yang lalu, para blogger yang mengelola Blog berbahasa Indonesia sangat sulit untuk mendapatkan iklan terkait sehingga yang tampil di layar iklan Google Adsense hanyalah iklan layanan masyarakat. Ini menimbulkan sebuah persepsi bahwa iklan GA memang tidak boleh dipasang di situs/blog yang berbahasa Indonesia (sebenarnya tidak mendukung bukan ??? ). Saya pun yang dulunya terakhir membaca Peraturan Google Adsense awal Januari 2008 dan memang ga begitu mendalami GA, ikut-ikutan saja membenarkan bahwa GA memang ga boleh dipasang di blog/situs berbahasa Indonesia.
Lewat artikel ini saya mohon maaf pada teman-teman yang sempat saya tegur beberapa bulan lalu tentang hal ini.
Seiring dengan waktu, para advertiser dari Indonesia pun bermunculan. Mereka memasang iklan di Google Adword dengan bahasa Indonesia, yang pastinya dengan target pasar adalah Indonesia. Ga mungkin dong seseorang pasang iklan dengan target pasar Indonesia di situs berbahasa Inggris yang target pasarnya bukan orang Indonesia.
Masalah pun muncul, blog atau situs berbahasa Indonesia yang memasang GA justru tidak menampilkan iklan yang bisa memberikan penghasilan bagi mereka. Lalu buat apa para pemasang iklan berbahasa Indonesia menggunakan Google Adwords jika nantinya muncul di situs/blog luar negeri ???????????
Oh yah mundur sejenak, bagi yang ingin membaca peraturan Google Adsense, bisa membaca di halaman :
https://www.google.com/adsense/localized-terms
dan halaman yang mengatur soal bahasa-bahasa yang didukung oleh Google Adsense bisa dijumpai di halaman support (bukan halaman peraturan) :
https://www.google.com/adsense/support/bin/answer.py?answer=9727&topic=140
Halaman pertama merupakan peraturan dasar yang jelas-jelas mengatakan bahwa seorang publisher GA tidak boleh melanggar 11 poin (bisa dibaca di peraturan nomor 5, kalau ga bisa bahasa Inggris translate dong ah… heheheh ).
Pada halaman yang kedua terdapat bahasa-bahasa yang didukung oleh Google Adsense, Bahasa Indonesia hanya mendapatkan jatah Adsense for Search . Di situ dikatakan juga bahwa Bahasa Indonesia tidak mendukung pemasangan Goggole Adsense for Content (tidak mendukung dan tidak boleh sama ga yah? ) Saya justru melihat bahwa halaman ini ditujukan pada saat mengajukan aplikasi pembuatan account baru Google Adsense. Tapi ini hanya dari sudut pandang saya…..
Sejenak kita melupakan peraturan-peraturan tersebut.
Mari kita fokuskan pada kenyataan yang terjadi di lapangan.. wkwkwkwkwk aneh banget kalimatnya. Para pemasang iklan di Google Adwords mungkin merasa sedikit rugi mengingat iklan mereka tidak akan efektif jika tidak ditampilkan di blog/situs berbahasa Indonesia. Entah dari mana asal muasalnya, muncullah blog/situs yang dengan jelas-jelas banjir akan iklan di slot Google Adsense padahal blog/situs itu berbahasa Indonesia. Dari situlah muncul sebuah trik yakni menambahkan script google_language="en"; di dalam script Google Adsense.
Konflik pun bermunculan di antara para publisher Adsense di Indonesia, beberapa pihak yang merasa diri paling benar pun mengatas namakan "Penyelamatan Adsense Indonesia" untuk mengintimidasi para publisher Adsense yang menggunakan cara tersebut.
Padahal setahu saya lewat blog Cosaaranda.com, kampanye SAVE GOOGLE ADSENSE INDONESIA pada awalnya belum mencakup masalah tersebut. Kampanye itu dilakukan mengingat banyak publisher Adsense yang curang dengan jelas-jelas melanggar peraturan Google Adsense (yang tertera pada halaman pertama di atas). Yang mengakibatkan beberapa publisher Adsense yang "tidak bersalah" di banned.
Akhir-akhir ini para oknum-oknum yang merasa diri paling benar pun terang-terangan menentang penggunaan google_language="en" dengan alasan melanggar peraturan google adsense. (Padahal mereka-mereka yang terkenal sebagai Master Adsense saja lebih cenderung tidak begitu mempersoalkan walau menyarankan untuk tidak menggunakan, karena mereka mungkin lebih tahu sebenarnya permasalahan yang bisa menghancurkan Adsense Indonesia itu terletak dimana)
Alasan para oknum-oknum Adsenser bahwa penggunaan cara tersebut melanggar peraturan ke 5 poin ii yang berbunyi:
(ii) edit, modify, filter, truncate or change the order of the information contained in any Ad, Link, Ad Unit, Search Result, or Referral Button, or remove, obscure or minimize any Ad, Link, Ad Unit, Search Result, or Referral Button in any way without authorization from Google;
Saya justru balik bertanya, mengingat saat ini Script Google Adsense sendiri memang banyak yang dimodifikasi seperti contoh di bawah ini:
<script type="text/javascript"><!–
google_ad_client = "kodeadsense";
google_ad_width = 160;
google_ad_height = 600;
google_ad_format = "160×600_as";
google_ad_type = "text_image";
google_ad_channel = "";
google_color_border = "BDCEFF";
google_color_bg = "BDCEFF";
google_color_link = "2B489B";
google_color_text = "000000";
google_color_url = "2B489B";
//–>
</script>
<script type="text/javascript"
src="http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/show_ads.js">
</script>
Padahal bentuk asli script Google Adsense (jenis 160×600) adalah sebagai berikut:
<script type="text/javascript"><!–
google_ad_client = "kodeadsense";
/* namaslotiklan */
google_ad_slot = "kodeslot";
google_ad_width = 160;
google_ad_height = 600;
//–>
</script>
<script type="text/javascript"
src="http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/show_ads.js">
</script>
Adapun format yang saat ini diperdebatkan adalah seperti di bawah ini:
<script type="text/javascript"><!–
google_ad_client = "kodeadsense";
/* namaslotiklan */
google_ad_slot = "kodeslot";
google_ad_width = 160;
google_ad_height = 600;
google_language="en";
//–>
</script>
<script type="text/javascript"
src="http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/show_ads.js">
</script>
Lebih lanjut saya justru balik bertanya pada siapapun yang mengatasnamakan keselamatan Adsense Indonesia yang "mempersalahkan" penggunaan google_language="en" :
Apa anda sendiri tidak melanggar peraturan ?
Oke, mungkin anda menggunakan script yang tidak dirubah.
1. Namun jika anda memasang di blog yang isinya hasil copy paste / agregasi punya orang lain apakah itu tidak melanggar aturan ? (baca peraturan nomor 5 poin v tentang content "illegal").
2. Jika anda memasang di blog/situs yang isinya download MP3, Komik, Film yang notabene berlicense namun anda bagikan gratis, apakah itu tidak melanggar peraturan ? (baca peraturan nomor 5 poin v tentang content "illegal").
3. Jika anda memasang di blog/situs yang isinya pornografy, apakah itu tidak melanggar peraturan ? (baca peraturan nomor 5 poin v tentang ponografy).
4. Jika anda memasang di situs auto content sejenis Kwik Content dan Adsense Money Maker, apakah tidak melanggar aturan mengingat artikel nya illegal ?
Oke, anda tidak melakukannya (atau mungkin tidak ketahuan melakukan ) namun mengingat situs/blog yang sejenis itu banyak beredar di Indonesia (bahkan di luar negeri dengan pelaku Adsense dari Indonesia) bukankah lebih arif jika mempersoalkan hal yang sudah jelas-jelas melanggar daripada mempersoalkan pengubahan script yang peraturannya sendiri memperbolehkan jika diijinkan ?????? Emang sih sampai sekarang saya belum melihat ijin pemasangan google_language="en"; karena email-email yang saya layangkan ke pihak Google Adsense mengenai hal ini tidak pernah dibalas.
Atau jika memang benar-benar perduli dengan nasib Adsense Indonesia, apa tindakan nyata anda menyingkapi rasa haus para publisher Adsense Indonesia yang selama ini di anak tirikan oleh GA. Wong GA mau nerima iklan bahasa Indonesia tapi tidak mendukung bahasa Indonesia ????????
Saya menggunakan google_language="en" di 2 blog saya berbahasa Indonesia, tidak munafik ingin menambah perolehan Earning. Namun di balik itu, saya ingin memberontak pada Google Adsense yang selama ini tidak memperhatikan nasib para publisher Adsense di Indonesia. Karena tindakan saya ini beresiko akan di banned oleh GA maka saya tidak menyarankan untuk diikuti.
Ketika ingin mengkampanyekan sesuatu hendaknya mulai dari diri sendiri, jangan dengan cara mengintimidasi orang lain dengan menyembunyikan identitas, atau bahkan mencatut nama-nama Blogger terkenal. Atau takut ketahuan jika "Cara meraih Earning Dollar dari Adsense yang selama ini anda lakukan dan memberikan ratusan bahkan puluhan ribu dollar KETAHUAN ???? yang pastinya melanggar banyak peraturan ketimbang hanya masalah pemasangan google_language="en" saja ?
Saya justru melihat ada ketakutan di dalam diri anda, jika Earning GA yang anda dapatkan melalui blog/situs bertarget luar negeri di banned hanya karena kesalahan para Adsense dalam negeri yang hanya menyangkut google_language="en"; , padahal blog/situs penghasil Dollar anda sendiri menginjak-injak peraturan yang ada, bedanya cuma di situ saja anda lebih Cerdik dengan mengambil pasar luar negeri . Haruskah KAMI yang bertanggung jawab menyelamatkan Mata Pencaharian Google Adsense Para Kancil Licik Cerdik Seperti Anda?
Secara Pribadi saya mengakui bahwa pemasangan google_language="en" bisa melanggar peraturan jika tidak diberi ijin oleh pihak GA mengingat pada poin peraturan mengatakan bahwa "tidak boleh mengubah script kecuali ada ijin dari pihak GA". Namun mengingat, hingga kini GA menerima iklan bahasa Indonesia dan HANYA TAMPIL MAKSIMAL di blog berbahasa Indonesia yang MENGGUNAKAN google_language="en" , maka sepertinya GA memang harus secepatnya memberi ketegasan akan hal ini (mungkin salah satunya dengan membalas email saya wkwkwkwkwkwk )
Akhir kata semua kembali pada diri kita masing-masing, apakah kita hanya bisa "KAMPANYE" tanpa "BERBUAT", "MENEGUR" tanpa "BERKACA", "MENGAJARKAN" tanpa "KETERBUKAAN" .
Saya tidak mendukung penggunaan google_language="en"; namun saya lebih tidak mendukung pemakaian GA di blog-blog Orang Indonesia yang menampilkan LINK DOWNLOAD ILEGAL dan ARTIKEL COPAS dengan target pasar luar negeri. Tapi saya tidak mau menghakimi apalagi mencaci siapapun yang melakukan pelanggaran, karena toh saya bukan siapa-siapa. Sekali lagi saya tekankan bahwa pemakaian cara tersebut di 2 blog bahasa Indonesiaku adalah bentuk pemberontakanku ke Google Adsense, jadi sebaiknya JANGAN DITIRU (tapi terserah sih, pilihan di tangan masing-masing asal berani nerima resiko).
Artikel ini sama sekali tidak mengajak para Publisher Adsense siapapun untuk melanggar peraturan, hanya sekedar sharing dan menjawab email-email dan komentar yang masuk pada saya dari oknum-oknum tentang pemasangan google_language="en" di blog ini beberapa waktu yang lalu. Sempat saya mencopot (sekarang saya pasang lagi) demi menghormati Cosaaranda yang saya kagumi mengingat di komentar dan email yang masuk para oknum tersebut mencatut nama Cosaaranda, sebelum saya mempublish tulisan ini saya telah mengirimkan email kepada mas Cosa bahwa tulisan ini sama sekali tidak tertuju padanya. Karena saya tidak mau di kemudian hari, para oknum-oknum memanfaatkan tulisan ini untuk mengadu domba saya dengan Cosaaranda.
Lewat artikel ini saya juga mohon maaf kepada para Master Adsense yang sesungguhnya, jika saya NAKAL menggunakan cara ini. Semakin cepat ID Publisher saya di banned hanya karena pemasangan google_language="en" akan semakin baik ( sayang donk yang sudah terkumpul ??? hihihi ) karena akan terbuka bahwa memang hal ini melanggar. Tapi itulah resiko dan tanggung jawab saya akan kenikmatan yang telah saya nikmati.
UPDATE :
BOLEH TIDAKNYA PENGGUNAAN GOOGLE LANGUAGE EN TELAH TERJAWAB DI
ARTIKEL YANG INI












Oct 12, 2008 at 22:42:29
Main aman saja ahh, paste kode asli dari hasil generator adsense. Sembari menunggu dukungan resmi seperti blog bahasa Thailand yang baru di dukung.
—–
Zalukhu : Tindakan tepat mas….. semakin banyak yang berpikiran seperti mas, saya yakin tanpa dikampanyekan pun Adsense Indonesia bisa diselamatkan.
vanudin Reply:
October 13th, 2008 at 11:48 am
nyari artikel PLR aja. Gitu aja kok bingung.
saya coba di http://free-niche-articles.patromax.com
its OK aja.
andyQ Reply:
October 14th, 2008 at 11:41 am
atau di article city juga banyak kok
Oct 12, 2008 at 22:57:05
Wekss.., panjang-e.., komen sek.., baru moco
Oct 12, 2008 at 23:05:23
Zal… ane nggak ngerti apa di blogku sawasanganam.com itu yang language-en atau yang apa.. yang jelas saat ane ngdaftar pake blog itulah dengan conten 30% inggeris acak adul. Tapi di approve juga. ya terus ane pasang.
—–
cuma canda kok… Saya lihat GA nya dipasang di dalam post content ya, karena memang itu bawaan blogspot saya melihat belum di edit tuh jadi free google_language. Tapi mas karena saya lihat mas memakai GA plus 3 PPC lokal yang berbeda, saya sarankan agar mas membaca dengan teliti peraturan di setiap PPC lokal yang mas gunakan. Bukannya apa2 karena ada PPC Lokal yang ga mau disandingkan dengan PPC2 lain. Ntar dah cape2 pasang malah masnya di banned lagi, sayang donk…
Zalukhu : Gubraxxx wkwkwkw.. kaget mas melihat blog mas jadi ajang pamer berbagai PPC lokal hihihi
Oct 12, 2008 at 23:17:43
3. Jika anda memasang di blog/situs yang isinya pornografy, apakah itu tidak melanggar peraturan ? (baca peraturan nomor 5 poin v tentang ponografy).
padahal blog/situs penghasil Dollar anda sendiri menginjak-injak peraturan yang ada, bedanya cuma di situ saja anda lebih Cerdik dengan mengambil pasar luar negeri. Haruskah KAMI yang bertanggung jawab menyelamatkan Mata Pencaharian Google Adsense Para Kancil Licik Cerdik Seperti Anda?
oke mas zalukhu anda memang yahooot…
====================================================
saya memang bukan pakar adsense tapi dari pemasangan “en” yang saya lakukan udah 3 bulan hasilnya cukup menggembirakan dan belum dibanned mudah2an ga…namun saya cukup tertarik untuk membahas poin 3 tentang pornografi…coba kita lihat atau perhatikanya iklan yang di keluarkan oleh GA sendiri..karena saya melihat GA sering sekali mengeluarkan iklan semacam ini Gadis Telanjang, Foto telanjang, Gadis ini itu dan lain2 ya mungkin mas juga sering temuin…
dan pesan mas yang saya kutip itu saya sepakat sekali deh jangan mereka lebih curang dari kita
maaf ini hanya sekedar melapkan isi hati dan saya juga sering ko di tegur dan untuk sementara saya istrahat dulu di GA tunggu lebih lanjut dulu
—–
yup jangan kecurangan ditututp2in dengan menghakimi org lain curang.
iya nih GA gimana sih peraturan penerimaan iklannya hihihihi Sukses ya Kang Kontes SEO nya, kalau menang jangan lupa makhan makhan walau saya belum bisa dukung dengan link xixixixixi…. saya dukung dengan doa saja..
Zalukhu :wkwkwkw akang teliti juga …
Jovie Reply:
October 13th, 2008 at 6:49 am
Jovie juga Mas…Dukung doa aja…:D
cosa Reply:
October 13th, 2008 at 8:07 am
apabila yg dimaksud dng iklan2 tidak senonoh
itu keluarnya di “link unit”, itu auto-generated berdasarkan popular query/keyword search engine mereka, bukan berdasarkan keyword iklan yg ada di adwords. Iklan model link unit kan 2 level, nah yg di level 2 (yg dapet komisi apabila di klik), baru ditampilkan iklan2 yg sesuai dng keyword iklannya.
sekedar menjelaskan aja
Oct 12, 2008 at 23:22:40
yang jelas saya suka artikel anda…. hehehe… karena sebentar lagi saya akan beralih dari seorang publisher mnjadi advertiser… hehe… keep do this and keep campaign this, biar ntar iklan sy muncul di bnyk blog indonsia… hihihi..
—–
Zalukhu : hehe jangan lupa komisinya ya Mas… wkwkwkwk MATRE MODE ON.
Oct 12, 2008 at 23:30:17
saya bilang sih lebih ngrusak yang masang di situs download ilegal dan pronografi daripada nambahin script language.. di nlog aaya ditambahin language kok hii hii.. cuma belum ada “master2″ yang protes kok bukannya ndak protes kali pada takut saya tersinggung dan menyantet yang protes krn blog saya ngebahas paranormal dan dunia gaib hii hii hii
—–
Pisss aku jangan disantet… wkwkwkwk
Zalukhu : wkwkwkwk eh mas saya juga mo protes nih artikel saya dicopot tp ga cantumin sumber wkwkwkwkwk…
meditasi Reply:
October 13th, 2008 at 10:06 am
khan udah saya link trackback balik mas.. apa nyasar ke alam gaib.. lagipula perasaan di akhir cerita tah kasih url artikel aslinya deh.. ntar talk chek ya om.. thanks
Oct 12, 2008 at 23:56:18
saya juga lagi nunggu supportnya dari GA untuk blog bhs Indonesia
Oct 13, 2008 at 00:03:41
thanks infonya yah
Oct 13, 2008 at 00:28:09
Ealahh…gak mudeng Bang, ini tho salah satu opik hitam putih kmrn itu? Hee.hee… aku ngeblog emang ada niatan utk adsense, tp gak tahu kpn akan apply, skg nikmatin yg ada dulu smabil baca2 tutorial sana sini. Makanya selalu aku tunggu artikel2 yg mencerahkan
Oct 13, 2008 at 00:54:58
AdsenKu dah tak copot, ntar gnti template, mau pasang script hehe
Oct 13, 2008 at 01:16:50
Emang tergantung keberanian pemilik account adsense aja sih
.
Wah saya ga anti “en” loh ya cuman ngingetin aja. Kalo yang mau masang silakan-silakan aja
.
Oh ya mas zal yang ini gimana ?
hmmm jadinya kayak apa ??
bocah Reply:
October 13th, 2008 at 1:17 am
walah kode adsensenya yang aq copas kemana tuh walah2
Oct 13, 2008 at 02:23:10
ya kena deh! aku pasang “en”, kabur aja ah………. ga enak jadi pelanggar ditopik ini..
Oct 13, 2008 at 02:29:20
semua blogku pake “en” nyante aja, banned udah jadi resiko. EGP aja ah… toh yg lain banyak yg lebih curang. betul gak ?
Oct 13, 2008 at 02:34:03
Nunggu sampe support indonesia ja deh… Maklum gak bisa bikin artikel Inggris
Oct 13, 2008 at 06:05:15
kontroversi lagi nih bang Zalukhu
Bener kata bang zalukhu, apalagi soal illegal content. Kalo di topik ini, saya hanya bisa jadi penonton bang. Soalnya ga ngubah kode n ga pake content stealing, quick content, apalagi content generator.
Nominal earning biarlah berjalan seiring usaha dan takdir kita
Ecko Reply:
October 13th, 2008 at 8:06 pm
Bener2 contoh blogger yang tawakal nih. Salut, Mas! Asli saya kagum sama sikap ini. Soalnya kebanyakan blogger kan justru berupaya bagaimana caranya supaya earning cepat melembung tanpa peduali menabrak aturan, dll.
Oct 13, 2008 at 06:41:29
Wah adsen ya..kalau aku bang masih sibuk dengan ppc lokal nich..wkwkwk
Oct 13, 2008 at 07:56:06
Yaaaah….panjang amat…kayak cerpen…!!!!
Kembali ke masing2 pribadi ya mas zal…
Beberapa blog yg senior/master adsense, ‘ngomongnya’ gini juga….TANGGUNG SENDIRI…he…he…he..
Lagian kalo mau realistis aja…ngapaian kita mejengi iklannya orang luar…wong advetiser indonesia aja banyak yg ndaftar di google koq…Google aja yang cuek…Makanya email mas zalukhu dicuekin (keciaaan deh…!)
Klo kampanyekan pake: google_language “en”…gimana mas zal…????? untuk pubs Indonesia….
Oct 13, 2008 at 08:02:53
sedikit klarifikasi mas zalukhu, bahwa untuk kode yg pertama kali disebutkan di artikel, kode awal GA memang seperti itu (tanpa ad_slots). Dan sampai sekarang memang masih ada publisher yg istilahnya “belum dapet akses” ke kode GA yg baru (yg menggunakan sistem slot). Aku sendiri jg baru dapet sekitar 3-4 bulan stlh sistem slot diperkenalkan kok.
Karena sebelumnya jg ada kasus yg sama, yg “nyamar” pake namaku untuk berkomentar dan menghujat org2 yg pasang adsense di blognya yg berbahasa indonesia, perlu sekali lagi aku tegaskan bahwa aku sama sekali gak pernah (dan gak akan) melakukan hal spt itu. “Protesku” terbatas di blogku sendiri kok, sebatas ngingetin aja, hehehe, kalo tetep mo ngelanggar itu sih urusan masing2. Toh yg dibanned juga bukan aku
Mungkin sebagai tambahan informasi, penggunaan google language sebenarnya dihalalkan apabila:
1. Menu halaman menggunakan bahasa inggris
2. porsi artikel berbahasa inggris lebih besar dibandingkan yg berbahasa indonesia. 60:40 misalnya.
3. sudah minta ijin ke pihak google. Apabila syarat 1 dan 2 terpenuhi kemungkinan besar diijinkan kok.
Semoga bermanfaat dan sebaiknya memang hentikan pasang adsense di situs dng content ilegal. Situs mp3 dan komikku aja gak ada yg pake adsense
Oct 13, 2008 at 08:39:37
memang agak membingungkan, google jelas-jelas bikin peraturan, tapi koq ya masih ada yg bisa lolos.. yg penghasilan gede ngga ke deteksi, tapi klau yg awam2 seringnya ketahuan(berarti yg awam masih perlu banyak belajar hehehehe)
Oct 13, 2008 at 08:47:56
Masih tetep pasang neh, tapi mo diganti juga dengan yang lain… hehehe
Oct 13, 2008 at 08:56:22
apakah anda juga makekode en ?? nha kok di blog sampeyan yg bhs indo ada adsensenya?? kloo itu ga pake kode en cara nya gimana ?
Ferry Reply:
October 13th, 2008 at 4:57 pm
Baca jelas Pak di atas pemilik blog ini sudah mengatakan kalau dia pakai en. Jangan cuma fastread
Oct 13, 2008 at 09:06:31
pernah nyobain hal ini ketauan sama temen dan satu kata protes buat saya saat itu yaitu HARAM katanya
jadi klo emang mau serius dan bukan kenikmatan sesaat ikutin saja aturannya GA. tapi klo hanya skedar icip2 cek dr GA ya ndak tau lagi.
mariiii
Oct 13, 2008 at 09:07:53
Aku nggak yakin kalau para master yg dapat ribuan itu bermain bersih. 100% blackhat it pasti. Cuman mereka nggak nge-share aja. Takut kalau banyak yg tahu (banyak yg make) entar google nya bertindah, ilang deh ribuan $$$-nya
bocah Reply:
October 13th, 2008 at 10:48 am
walah kalo 100% blackhat kayaknya ga mungkin mas
20%-40% mungkin iya
.
Saya juga masih heran sama master2 kok situs inggrisnya bisa 15.000 per hari pake ilmu seo apa yah ???
Oct 13, 2008 at 09:09:38
Atau jika memang benar-benar perduli dengan nasib Adsense Indonesia, apa tindakan nyata anda menyingkapi rasa haus para publisher Adsense Indonesia yang selama ini di anak tirikan oleh GA. Wong GA mau nerima iklan bahasa Indonesia tapi tidak mendukung bahasa Indonesia ????????
Bener juga, baru kepikiran sekarang. Berarti fihak google terkesan licik dong, mau menerima iklan berbahasa indonesia, tp org Indonesia tdk boleh memasang Google for contentnya. Tadinya saya ragu2 mau masang script tsb. Wah, sekali-kali nekad ah mau pasang script itu. Mudah2an tdk di banned. he..he…
Oct 13, 2008 at 09:11:29
Apalagi blog saya ini. Mau nekad ah pasang barang beberapa bulan, mudah2an dlm waktu tsb bisa menambah earning, hbs kesel, sdh 6 bulan pasang GA, kok ga ada iklan2nya
Oct 13, 2008 at 11:00:25
waduh…blog saya Silverf0x berbahasa Indo, kecuali pas review software atau lagi belajar bikin postingan Inggris. GA nya dipasang di bagian post yang bahasa inggris saja…salah gak yah ???
Blog Praktis Reply:
October 13th, 2008 at 11:50 am
nah kalau ini sepertinya perlu ditanya ke bang zalukhu, kira2 gimana tuh bang?
Ecko Reply:
October 13th, 2008 at 8:02 pm
Saya juga begitu koq. Dan saya rasa tidak masalah koq, kan iklannya cuma nongol di wilayah berbahasa Inggris.
Silverf0x Reply:
October 14th, 2008 at 12:54 am
Kalau naruh nya di halaman depan, http://www.silverf0x.com, salah gak yah ? Karena kan postingan nya jadi campur2, ada Indo dan Inggris
Oct 13, 2008 at 11:25:45
Pak, nanya nih..
PIN dari google baru dikirim dan yg jadi masalah sekarang adsense Panda kebanned jadi ga bisa login lagi, apa bisa cek tsb dicairkan ? mohon bimbingan, makasih
Oct 13, 2008 at 12:02:00
wah… berani banget
Oct 13, 2008 at 12:15:32
Cara berpikir orang yang sudah ahli memang berbeda ya, kalau diresapkan bener juga kan, target pasar untuk yang iklan bahasa indo kan pasti orang indo atau setidaknya yang bisa bahasa indo
Oct 13, 2008 at 13:02:10
Anda sudah siap membuat tulisan seperti ini ???
Anda juga ingin egois seperti saya ???
Dari tulisan anda, tersirat sebuah pesan terselubung tentang keinginan anda.
Anda ingin agar google membanned semua publisher dari Indonesia?
Hanya karena anda, akan banyak ribuan bahkan puluhan ribu doolar yang seharus-a dikirimkan ke Indonesia. (itu jelas akan meningkatkan perekonomian Indonesia)
Sedangkan anda sendiri saya yakin tiap bulannya hanya masih mendapatkan ratusan doolar dari google.
Ok, saya terima manuver yang anda lakukan.
Namun jagan salahkan saya , jika team kami akan mencoba deface semua situs2 anda.
Anda sudah berani membuat tulisan seperti ini, maka saya anggap anda juga sudah berani menerima akibatnya
Saya harap anda bisa segera hidden tulisan anda tentang artikel yang ini. . .
Agar bisnis-bisnis yang anda jalankan sekarang aman
We Are : SYH From $yria Defacer
GNOM - Dr.AnGel - Oaddah
V!V4 $YR4
—–
.
Zalukhu : wew ga salah tuh ? Katanya membuat dunia damai ? apa dengan membiarkan kecurangan-kecurangan dan membungkam kebenaran itu membuat damai? Jangan bicara soal negara deh…. saya rasa saya lebih tahu apa yang harus saya lakukan untuk negara dari pada anda yang hanya “mengacaukan” negara.
Kalau mau di deface silahkan, toh ga akan membuat saya berhenti memberitakan kebenaran. Mau deface semua situs saya? Saya ga yakin anda mengetahui semua situs saya…
Eh omong-omong anda bisa bilang saya dapat ratusan dollar per bulan dari GA darimana? Apa dengan menebak2 atau gimana? Yang benar pendapatan saya atas nama pribadi sebulan dari GA ga pernah saya cairkan :P.
meditasi Reply:
October 13th, 2008 at 8:32 pm
mas mendingan DEFACE tuh situs situs porno yang masang adsense selain melanggar TOS GOOGLE dan merusak moral baca. tentunya selain menyebabnya di BANNED publisher indonesia dan meningkatkan pemerkosaan di indonesia. dulu saya kagum dengan sebuah organisasi hackers indonesia “THE CRACKERS” yang ‘presidennya” menyampaikan pesan moral “setiap tetes minyak boleh engkau ambil tapi setiap 1 dollar aku ambil”. pesan saya buat team syrian indonesia supaya bijak dan mementingkan kemashalatan ummat dan bangsa indonesia.
Oct 13, 2008 at 14:37:29
Wah syerem juga nich, kita sebaliknya jangan saling menyalahkan, cukup ambil jalan tengahnya aja, cari solusi terbaiknya,Ok?
Indonesia Bisa koq !!!
Oct 13, 2008 at 16:43:08
Klo saya c cenderung mendukung pemasangan adsense di blog/situs bahasa indonesia ya. Ya gini aja, menurut saya google itu lagi mempertimbangkan apa indonesia pantas? maksudnya apakah indonesia bisa membuat situs yang bagus yang layak untuk adsense? nah dengan memasang adsense di blog bahasa indonesia menunjukkan KALAU KITA ORANG INDONESIA JUGA BISA.
Inget pelajaran sejarah dulu g bang zal? kan ada tuh yang namanya ’surat perintah sebelas maret’ yang tujuannya untuk menunjukkan kepada dunia luar kalau indonesia belum kalah, masih ada tentara indonesia yang masih sanggup memberikan perlawanan. Nah saya kira memansang adsense di blog bahasa indonesia seharusnya termasuk gerakan save adsense indonesia yang dicetuskan cosa aranda.
Anggap aja sekarang kita lagi berjuang agar google bisa mempertimbangkan bahwa para webmaster indonesia juga bisa. Bisa membuat situs yang layak dan baik, bukan hanya seperti para ‘master’ yang cuma menang di bahasa inggrisnya lalu membuat SITUS SAMPAH yang justru sebenarnya itulah yang mengancam keberlanjutan earning dari adsense untuk kita semua.
Itu aja sih komentar saya, dari itu kan semua bisa menebak, mana yang sebenarnya membahayakan dan mana yang baik tapi nyerempet2 sedikit… klo pendapat saya salah, saya mohon maaf, saya cuma newbie.
Oct 13, 2008 at 16:57:00
ah males nulisnya, komentar saya panjang sih, jadi liat aja di posting saya di link di atas.
Oct 13, 2008 at 17:01:23
untung ga ikut-ikutan..
Oct 13, 2008 at 17:35:20
Bener juga ya. Yang penting kan enggak merugikan advertiser. Malah bisa mendekatkan advertiser indonesia dengan pasar sesungguhnya.
Oct 13, 2008 at 19:01:11
wah, aku juga pkai.
Oct 13, 2008 at 19:59:17
Ini sebenarnya ngomongin siapa sih? Bingung saya.
Btw, mendukung tidak mendukung, boleh tidak boleh, sepanjang iklan Google BISA NONGOL di blog berbahasa Indonesia kayanya fine-fine aja deh. Hihihi…
Oct 13, 2008 at 20:33:49
moga2 d si gugel beneran ngijinin, ga sekedar ngasih aturan yang bisa diartikan beda2…kenyataannya, banyak banget iklan adsense bahasa indonesia kaan…
Oct 13, 2008 at 22:05:13
tetap main aman aja dulu, kecuali dah terdesak hehehe
Oct 13, 2008 at 22:17:19
yach kagak apa khan pasang iklan layanan timbang timbang amal
xixixixixi
Oct 13, 2008 at 22:30:05
Wah, kebetulan topiknya mirip2 dgn blog saya mas, tapi gak nurun lho aq, tau kalo sama aja baru skarang, ekekek…
Setuju bgt mas (meski barusan tau dari pakde),, tak dukung…
Tapi saya pingin tau, kita2 dah ada lom ya, yg di ban gara2 masalah EN??
Oct 13, 2008 at 23:04:48
salut buat mas zal yang mau berkorban ga nya diban demi mendapatkan kebenaran
Oct 13, 2008 at 23:35:41
nice shot !
Oct 13, 2008 at 23:47:00
melanggar g mlanggar resiko sendiri,,
toh Indonesia pangsa pasar yg besar bagi mereka,,
mana berani google menbanned semua publisher di Indonesia,,lagian adsense bkan lagi monopoli dalam hal ppc,,so bnyak pilihan kan,,=)
Oct 14, 2008 at 01:46:40
ehehe ini tulisan hasil ngobrol kita kemaren di ym ya bang?? emang tuh google mau nerima advertiser indo seharusnya bisa jg donk kita blog indo nampilin iklan adsense. semoga cepat dilegalisir ya
Oct 14, 2008 at 03:47:39
Mungkin kLik iklan milik sendiri untuk memberontak ke google adsense lebih cepat diperhatikan.
Oct 14, 2008 at 04:47:28
Adsense itu apa ya *kabur*
Oct 14, 2008 at 07:28:40
Wah panjang bgt, save dulu aja deh…
Oct 14, 2008 at 08:52:22
ikutan juga ahhh mas!! thanks ya! ga peduli mo di banned apa ga!!
Oct 14, 2008 at 09:58:34
Satu yang tertanam dalam otak setelah membaca posting ini: Mas Panda MENGGUGAT!
Hehehehe.., very nice posting, brow! Selamat berjuang lagi.
andyQ Reply:
October 14th, 2008 at 11:36 am
kalo saya, capek…panjang bener.tapi ok
Oct 14, 2008 at 10:16:37
jadi kesimpulanya gimana mas…apakah kalau memalai google_language=en; << di blog bahasa bule dilarang juga? soalnya blog saya yang bule language itu text link adsense nya berubah jadi search tampilanya..bingung deh..terus di rekomendasikan sama mas tipis kesini..dimohon pencerahanya wahai mas zalukhu.
Oct 14, 2008 at 10:31:57
wah ribet banget om..untung saya cuma pake adsense for search aja..tp tetep ga dpt apa..wkwkwkwk..
lom pernah ngerasain kertas isi nominal kiriman hasil import luar negeri..wkwkwk..
sukses om..mantap artikelnya
salam kenal 
Oct 14, 2008 at 10:34:54
waah..waah.. wah.. ternyata begitu yaa..?? hmm…
Oct 14, 2008 at 11:57:19
“en” ternyata begitu ya… dulu pasang cuma ikut ikut temen.. soalnya adsna ga maw muncul… heheheh,… terim kasih infonya…
Oct 14, 2008 at 12:39:31
walah walah banyak bgt yg dah comment.maap om baru bisa berkunjung, abis byk acara menjelang lebaran dan lebaran kmrn hehehe
Oct 14, 2008 at 12:51:20
Saya jg menggunakan kode google_language=”EN” di kode adsense saya. Ya kalo memang ntar dibanned sama google ya terima aja deh.org itu jg resikonya.saya berharap aja smg google adsense cpt2 mau nerima blog bhs indo. Kan thailand udah tuh,mgkn bentar lg indonesia.
Oct 14, 2008 at 13:16:44
wah say ajuga pasang nich… buat blog foto ku… hmm
Oct 14, 2008 at 14:43:47
wew…. ternyata banyak hal terjadi diluar sana yak
ternyata saya blom pernah mencoba bergaul dgn adsense
Oct 14, 2008 at 15:29:15
Hmm… saya sih gak mncoba yg macem alias gak mlanggar. Tapi memang klihatan banget gak adilnya. nrima iklan Indonesia tapi gak mndkung web/blog bhsa Indonesia. Yg baca sapa coba? Orng luar gtuh?
Sbel jga ngliat ktdaktgasan google sprti ini…
Oct 14, 2008 at 17:08:53
Saya sih ngga terlalu mempermasalahkan hal seperti ini. Kebetulan saya masih maen adsense di daerah yang aman2 aja mas
Oct 14, 2008 at 18:14:45
wahhh,, keren mas zalukhu, ijin sedot…
Oct 14, 2008 at 20:20:18
Bagi saya selama saya tidak ge-klik iklan GA sendiri dan melakukan kecurangan yang benar - benar fatal, semua oke - oke aja, dulu sebelum GA saya di banned gara - gara curang, saya bisa menampilkan GA di website atau blog saya yang berbahasa Indonesia, saya hanya menganti keyword - keywordnya di metatags dengan bahasa Inggris dan sedikit menulis dengan istilah dalam bahasa Inggris. Misalnya pemasaran saya ganti dengan marketing , bisnis online saya ganti dengan online business. Pokoknya serempet - serempet bahasa Inggris. Tenang aja, di internet tidak hanya GA yang bisa menghasilkan uang, masih banyak jalan menuju roma.
Oct 15, 2008 at 01:43:19
Yuk jangan terlalu tergantung sama Adsense, Mari cintai PPC dalam negeri.
Buat PPC dalam negeri semoga pelayanannya terus meningkat,n kalau bisa earningnya juga bisa bersaing dengan Adsense.
Btw bang Zal, ga buat blog versi inggris? mana tau dengan begitu aspirasi kita bakal lebih didengar Adsense?
—–
Zalukhu : blog bahasa Inggris sih ada tp jarang diurus hahaha lebih milih ngurus ini dan situs bersama yg jg berbahasa inggris.
Oct 15, 2008 at 10:03:52